PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI INDEKS KATA DAN FRASA DALAM BAHAN AJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NON PESANTREN

R. Umi Baroroh, M. Jakfar Shodik, Tony Fransiska

Abstract


The factor of failure in Arabic language learning in Indonesia is the lack of activities in language learning. One of language learning activities is identifying meaning or word meaning and phrase in dictionary. However, word and phrase index developed based on teaching materials at madrasah non-pesantren was not developed yet. Therefore, Research and Development is needed to apply. After having collected the word and phrase index that were collected from teaching materials of Arabic language at MI non-pesantren in Indonesia, then it was tested at MIN Malang. The result showed that: there was a development in Arabic language learning through word and phrase index; that was students’ competence to identify meaning and collaboration in understanding text and context in a sentence. After having applied the experiment, students’ average score increased from 52 with 19 failed students to 81,26 with 5 failed students.

DOI: 10.24865/ajas.v1i2.6


Keywords


learning development; word and phrase index; madrasah non-pesantren

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Albantani, Azkia Muharom. 2015. “Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah”, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 2 (2).

Alwi, Hasan. dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, edisi ketiga,Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

AR, Syamsuddin. Vismaia S. Damaianti. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI & Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Bandung: Rineka Cipta.

Baroroh, R. Umi. 2010. ” Studi Kasus Validitas Isi Soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional di MTs Negeri Godean,” Laporan Penelitian Individual Pusat Penelitian UIN Sunan Kalijaga.

Baroroh, R. Umi. 2011. “Kata dalam Bahan Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah tahun 2008)” dalam Sukiman, dkk (editor), Dinamika Praksis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Direktorat Pendidikan Madrasah. 2015. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah I, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktorat Pendidikan Madrasah. 2015. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah II, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktorat Pendidikan Madrasah. 2015. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah III, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktorat Pendidikan Madrasah. 2015. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah IV, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktorat Pendidikan Madrasah. 2015. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah V, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktorat Pendidikan Madrasah. 2015. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah VI, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Galāyaini, Muşṭafa. 1987. Jāmi` al Durūs al `Arabiyyah, Beirut: al Maktabah al `Aşriyyah.

al Hamid, Abdullah bin Hamid. t.t. “Muqaddimah” dalam Silsilatu Ta`līm al Lugah al `Arabiyyah, Jakarta: Lembaga Dakwah dan Taklim.

al Hasyimi, Ahmad. 2009.al Qawā`d al Asāsiyyah li al Lugah al `Arabiyyah , (Beirut: Dār al Kutub al `ilmiyyah.

Hidayat, D. 2002. Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2008 kelas 6, Semarang: PT Karya Toha Putra.

Hidayat, D. 2002. Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2008 kelas 5, Semarang: PT Karya Toha Putra.

Hidayat, D. 2014. Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 4, Semarang: Toha Putra.

Hidayat, D. dkk., 2014. Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013, kelas 1 , Semarang: Toha Putra.

Hidayat, D. dkk. 2015. Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Madrasah Itidaiyah Kelas 3, Semarang: Toha Putra.

Hidayat, D. 2015. Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Madrasah Itidaiyah Kelas 2, Semarang: Toha putra.

Kimble, Gregory A., Norman Garmezy & Edward Zigler, 1974. Principles of General Psychology, Fourth edition, America: The Ronald Press Company.

Nazri Syakur,”Pendekatan Komunikatif untuk Pembelajaran Bahasa Arab,” dalam Desertasi, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008.

Pedoman Memilih Menyusun Bahan Ajar dan Teks Mata Pelajaran djlengkapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMP/MTs.

Sudarno, 1990. Kata Serapan dari Bahasa Arab, Jakarta : Arikha Media Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sugono, Dendy. dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, edisi keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sukamto, dkk. 2007. Laporan Penelitian Kelompok, Pembelajaran Bahasa Arab dengan Model Leipziq University (Sebuah Pendekatan Interkoneksi).

Tarigan, Henry Guntur. 1991. Metodologi Pengajaran Bahasa 2, Bandung : Angkasa.

Undang-Undang R.I.Nomor 20 tahun 2003 & Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar dilengkapi PP RI No.19 Th. 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By:

DOAJ sinta Crossref Google Scholar AcademicKeys Research Bib academia.edu garuda garuda

 

Creative Commons License

Copyright CC-BY-SA

web
counter View My Stats

Arabi : Journal of Arabic Studies, p-ISSN: 2548-6616, e-ISSN: 2548-6624