IMPLEMENTASI MATERI MAHÂRAH AL-KALÂM DALAM TRANSFORMASI KURIKULUM BAHASA ARAB PERSPEKTIF ACTFL PADA PONDOK PESANTREN SALAF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. 2019. "Optimalisasi Pemanfaatan Laboratorium Bahasa dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab", Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, Vol. 2, No. 1.
Amrizal, A. 2017. "Eksistensi Tradisi Kajian Kitab Kuning dalam Lingkup Perubahan Sosial (Studi Kasus di Pesantren Darun Nahdhah, Darel Hikmah, dan Babussalam)", Sosial Budaya, Vol. 13, No. 1.
Ardiansyah, A. A., & Muhammad, A. 2020. "Implementation of Integrative Arabic Grammar (Nahwu & Sharaf) Curriculum in Islamic Boarding School", Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, Vol. 3, No. 3.
Asy’ari, H., & Zainuddin, A. 2018. "Ta'lim al-Lughah al-'Arabiyah fi al-Ma'had al-Salafi wa al-Ma'had al-Hadits Namadzij", Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, Vol. 1, No. 2.
Bahruddin, U. 2017. "Musykilah ta’limiyah al-lughah al-Arabiyah bi Jami’ah Maulana Malik Ibrahim Malang wa al-Hulul al-Muqtarahah Laha", Lingua, Vol. 12, No. 1.
Daniswara, D. A., Anwariati, F. L. F., & Atsaniyah, L. N. (2020). "Pelaksanaan Kegiatan “Muhadharah” Di Beberapa Pondok Modern Sebagai Upaya Untuk Melatih “Maharah Kalam” Para Santri", Semnasbama, Vol. 4.
Effendi, A. F. 2006. Kitabah al Maqalah al Takhlis wa al Khulashoh al Taqwim wa al-Taqdir al Risalah al Idariyyah. Pusat Pengembangan Penataran Guru Bahasa Dutjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidiakan Nasional.
Fikri, A., Muid, A., Ilhami, R., Norhidayah, N., Ilmiani, A. M., & Ikhlas, M. 2021. "Arabic Learning in Industrial Revolution 4.0: Problems, Opportunities, and Roles", Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, Vol. 4, No. 2.
Habibi, B. Y. 2019. "Integrasi Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Tradisional dan Modern Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan", Arabi : Journal of Arabic Studies, Vol. 4, No. 2.
Hasanah, M., & Deviana, A. D. 2020. "Idārah Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah fi Al-Ma’had Al-Islamiyyah fi Dhau’ Nadzariyyah Sears (Sears Theory)", Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, Vol. 8, No. 1.
Hermawan, A. 2016. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.
Islam, D. K. A. 2004. Petunjuk Teknis Pondok Pesantren. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren, Departemen Agama RI.
Kurniawati, Ij. 2016. "Manajemen Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di Pondok pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agama", Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 2.
Kuswoyo, K. 2017. "Konsep Dasar Pembelajaran Maha>rah Al-Kala>m", An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, Vol. 4, No. 1.
Mahmudah, M., Halim, A., Syaifullah, M., Q, I. A., & Hernisawati, H. 2021. "Analysis of the Difficulties Learning Speaking Skills at Madrasah Tsanawiyah Students Riyadlatul Ulum Batanghari East Lampung", Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, Vol. 1, No. 1.
Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhtarom, H. 2005. Reproduksi Ulama di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasbi, I. 2017. "Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis", Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 2.
Nurcholis, A., & Salaeh, B. 2019. "Epistimologi Kurikulum Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Mutawasitah Piraya Nawin Klonghin Wittaya Patani Thailand Selatan", Arabi : Journal of Arabic Studies, Vol. 4, No. 1.
Nurcholis, A., Sirad, M. C., Harianto, B., & Hidayatullah, S. I. 2020. "The Ontology Of Arabic Curriculum At Pesantren Attahdzib Jombang", Arabi : Journal of Arabic Studies, Vol. 5, No. 2.
Qomar, M. 2004. Pesantren dan Transformasi Mteodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.
Qomariyah, L. 2017. "Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab", Arabi : Journal of Arabic Studies, Vol. 2, No. 1.
Rahmaini, R. 2015. "Strategi Pembelajaran Maha>rah al-kala>m Bagi Non Arab", Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, Vol. 1, No. 2.
Rusady, A. T. 2018. "Dawafi' al-Thullab fi Ta'allum al-Lughah al-'Arabiyah wa Daur al-Mu'allim fi Tarqiyatuha", Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, Vol. 1, No. 1.
Sarif, S. 2019. "Pengembangan Diri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab", A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, Vol. 6, No. 1.
Swender, E. 2021. "ACTFL Proficiency Guidelines 2012", diakses tanggal 20 Mei 2022 dari https://Www.Actfl.Org/Resources/Actfl-Proficiency-Guidelines-2012.
DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v7i1.458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Copyright CC-BY-SA
Arabi : Journal of Arabic Studies, p-ISSN: 2548-6616, e-ISSN: 2548-6624