SIMPLIFIKASI MORFOLOGI ARAB (SHARF) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN ANALOGI

Raswan Raswan, Muhbib Abdul Wahab, Syaiful Hakki

Abstract


This study aims to develop an "Arabic morphological simplification model with a constructivism approach and the analogy of learning sharf in Fast Time." The research approach used is qualitative and quantitative types of development research (R&D). Researchers will develop an Arabic morphological model that can make neural learning successful in this fast time through surveys, interviews, documentation studies, and FGDs. It found that model was developed has succeeded in learning. Arabic education experts provide positive support to continue developing Arabic morphology models based on constructivism and analogy. Many inputs are used as references for researchers in developing the model designs that have been made. In the next stage, students as objects and public test subjects feel that neural learning becomes meaningful. Students also get a new, productive, and accessible learning model, even for those who are very 'basic,' who have always been seen as having difficulty mastering nerves.

Keywords


analogy; constructivism; Arabic morphology; sharf

Full Text:

PDF

References


Aliyah, A. 2018. “Pesantren tradisional sebagai basis pembelajaran nahwu dan sharaf dengan menggunakan kitab kuning”, Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, Vol. 6, No. 1.‏

Amirudin, N. 2017. “Problematika pembelajaran bahasa Arab”, Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan.

Damanhuri, D. 2017. “Kpemimpinan pendidikan dalam tinjauan ilmu shorof. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam”, Vol. 6, No. 1.‏

Al Fudhaili, Abd al Hadi. n.d. Mukhtashar as Sharfi. Beirut: Dar al Qalam.

Al Ghunaiman, Hassan bin Abdullah. n.d. al Wadhih fi al Sharfi. Qismu al lughah al-‘Arabiyyah bi kulliyat al Mu’alimin, Jami’ah al Malik Sa’ud.

Hai, K. A., & Harianto, N. 2017. “Efektivitas Pembelajaran Qira’ah Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi”, Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, Vol. 1, No. 2.‏

Iqabah, ‘Azw isma’il., & Abu Milh Muhammad Salman. n.d. Atsaru Istikhdam Ba’dhi istiratijiyyat an Nadzariyyah al Binaiyyah fi Tanmiyyat at Tafkir al Mandzumi fi al Handasah lada Thullab as Shaff at Tasi’ al Asasi bi Ghazzah.

Al Jurjani, Abd al Qahir. 1997. Kitab al Miftah fi al Sharfi. Beirut: Muassasah al Risalah.

Al Khoyroh, N. O. V. I. (2017). “Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII”, Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang.‏

Misbah, M. 2006. “Taufiqul Hakim Amtsilati dan Pengajaran Nahwu-sharaf”, Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 11, No. 3.‏

Nasiruddin, N. 2019. “Metode Pembelajaran Qawâ’id (Nahwu-Sharaf) Dengan Pendekatan Integrated System”, Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, Vol. 4, No. 2.‏

Prasetiadi, Y. S. 2020. “Analisis Komparatif Jȃmi Ad-Durûs Al-‘Arabiyyah dan Mulakhkhash Qawȃ’id Al-Lughah Al-‘Arabiyyah: Analisis Komparatif”, Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 1, No. 1.‏

Trismanto, T. 2015. “Berbahasa Dengan Logika”, Serat Acitya, Vol. 4, No. 2.‏

Waseso, H. P. 2018. “Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis”, Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1.‏

Astuti, IP. 2011. Aplikasi Tashrif Isthilahi pada Ilmu Sharaf dengan Menggunakan Metode Stemmer Berbasis Web. Program Studi Teknik Informatika, UIN Jakarta.

Atiqoh, F. 2018. “Teknik Maudhu’Usbu’iy sebagai alternatif untuk meningkatkan penguasaan keterampilan reseptif dan produktif bahasa Arab”, Semnasbama, Vol. 2.‏

Dodi, Limas. 2013. “Metode Pengajaran Nahwu Shorof (Berkaca dari Pengalaman Pesantren)”, Jurnal Tafaqquh, Vol. 1, No. 1.

Fadilah, F., & Alia, S. 2021. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Sharaf pada Masa Ppkm di Pondok Pesantren Miftahuttaufiq Pasir Biru”, Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol. 1, No. 2.‏

Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. 2017. “Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 2, No. 1.‏

Fiddaroini, S. 2007. Membangun Koridor Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab. IAIN Sunan Ampel Surabaya.‏

Hasani, Abd al Bari ‘Ashr. 2000. Maharat Tadris al Nahwi al ‘Arabi (an Nadzariyyah wa at Tathbiq). Syari’ ad Duktur Mushtafa Musyrifah, Markaz al Iskandariyah li al Kitab.

Himam, M. W., & Raswan, R. 2017. “Tamyiz; Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an”, Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, Vol. 6, No. 1.‏

Ilmi, N. F. 2021. “Metode Tamyiz Untuk Pembelajaran Nahwu dan Sharaf Pada Al-Qur’an”, Semnasbama, Vol. 5.‏

Kariadinata, Rahayu. 2012. “Menumbuhkan Daya Nalar (Power Of Reason) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika”, Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1.

Khasairi, M. 2013. “Pengembangan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah”, Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, Vol. 41, No. 1.‏

Kuraedah, S. 2015. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, Vol. 8, No. 2.‏

Mardiah, Z., & Pancarani, A. P. 2019. “Karakteristik Iregularitas Infleksi Nominal Bahasa Arab, Studi Kasus pada Jamak Taksir”, Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol. 5, No. 2.‏

Mardiyah, T. 2017. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Sabilil Muttaqien”, Perspektive : Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam, Vol. 10, No. 2.‏

Muhlis, A. 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran Qawaid Sharraf dengan Pendekatan Qiyasiyah di MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan”, Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, Vol. 13, No. 1.‏

Muizzuddin, M. 2021. “Aktualisasi Penggunaan Metode dan Pengembangan Materi Nahwu di Pondok Pesantren Salafi Al-Fathaniyyah Serang”, Uktub: Journal of Arabic Studies, Vol. 1, No. 1.‏

Muna, W. 2018. “Akselerasi Pemahaman Materi Sharaf melalui Metode Tamyiz Berbasis Peragaan pada Mahasiswa IAIN Kendari”, Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, Vol. 12, No. 2.‏

Muna, W. 2018. “Akselerasi Pemahaman Materi Sharaf melalui Metode Tamyiz Berbasis Peragaan pada Mahasiswa IAIN Kendari”, Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, Vol. 12, No. 2.‏

Munawaroh, W. 2020. “Penerapan Sistem Nadzariyah Al Wahdah Pada Program Intensif Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya”, Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, Vol. 7, No. 2.‏

Nugraha, H. 2015. Aplikasi Tashrif Lughawi Sebagai Alat Bantu Morfologi Kata dalam Bahasa Arab Berbasis Android. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Parwati, I. R. D. 2019. “Tabsith al-Mawad al-Sharfiyah”, Thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.‏

Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. 2022. “Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan”, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 3.‏

ar Rajihi, Abduh. 1973. at Tathbiq al Sharfi. Beirut: an Nahdhah al ‘Arabiyyah li at Thiba’ah wa an Nasyr.

Raswan, R. 2018. “The Implementation of Contrastive Analysis-Based Arabic Learning”, Alsinatuna, Vol. 4, No. 1.‏

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Satrio, S. 2021. “Redesain Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri”, Profetika: Jurnal Studi Islam, Vol. 22, No. 1.‏

Shadiq, Fadjar. 2013. “Penalaran Dengan Analogi? Pengertiannya Dan Mengapa Penting?”, diakses dari http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id.

Suaibah, L. 2017. “Pembelajaran Kaidah Bahasa Arab Di Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura”, Prosiding Konasbara, Vol. 3.‏

Sumiarni, N. 2016. “Pembelajaran Bahasa Arab bagi Mahasiswa Pemula di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Problematika dan Solusinya)”, Holistik, Vol. 15, No. 1.‏

Suparman, Tatang. 2009. “Analogi dalam Bahasa Indonesia”, Makalah Seminar Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra UNPAD.

Syaripudin, U., Gerhana, Y. A., & Hasanudin, H. 2012. “Pembuatan Game Ilmu Shorof (Tashrief) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal ISTEK, Vol. 6.‏

Tamrin, M.H. 2011. “Membangun Aplikasi Multimedia Edukatif Sebagai Alat Bantu Ajar Ilmu Shorof Berdasarkan Metode Pembelajaran Shorof Krapyak”, Thesis, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

Ulfah, N. A. N. 2021. “Pengaruh Metode Tamyiz Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Nahwu-Sharaf Siswa Kelas VII SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun Pelajaran 2019/2020”, Doctoral Dissertation, IAIN Purwokerto.‏




DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v7i1.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

DOAJ sinta Crossref Google Scholar AcademicKeys Research Bib academia.edu garuda garuda

 

Creative Commons License

Copyright CC-BY-SA

web
counter View My Stats

Arabi : Journal of Arabic Studies, p-ISSN: 2548-6616, e-ISSN: 2548-6624