Pengembangan Metode Komunikatif dengan Teori Belajar Gagne Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyat, N. 2021. "Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam", Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1.
Alfansyur, A., & Mariyani. 2020. "Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial", Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, Vol. 5, No. 2.
Aminah, Zukhaira., & Hasyim, M. Y. A. 2018. ''Pengembangan Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Dengan Kooperatif Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Pada Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah'', Lisanul Arab, Vol.7, No. 1.
Asrori, I., Thohir, M., & Ainin, M. 2019. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Cetakan 5). Malang: Misykat Indonesia.
Atiqoh, F. 2018. "Teknik Maudhu’ Usbu’Iy Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Reseptif Dan Produktif Bahasa Arab", Semnasbama, Vol. 2.
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. 2020. ''Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif'', Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, Vol. 9, No. 2.
Dodi, N. 2016. "Pentingnya Guru Untuk Mempelajari Psikologi Pendidikan", Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 1.
Effendy, A. F. 2021. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Kedua). Bandung: Alfabeta.
Fergusson, D. M., & Woodward, L. J. 2002. "Mental Health, Educational, and Social Role Outcomes of Adolescents With Depression", National Institutes of Health, Vol. 59.
Hakim, N. L. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqamah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilma.
Haron, S. C., Ahmed, I. H., Mamat, A., Ahmad, W. R. wan, & Rawash, F. M. M. 2016. "Challenges in Learning to Speak Arabic", Journal of Education and Practice, Vol. 7, No. 24.
Hidayat, N. S. 2012. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab", Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37, No. 1.
Hurin’in. 2021. "Pengembangan Metode Suggestopedia Dalam Pembelajaran Mahârah Al-Kalâm Tingkat Menengah", Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, Vol. 13, No. 1.
Kholisoh, L. N. 2020. Sudahkah Evaluasi Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Pada Tingkat Dasar Dilakukan?, Alsuniyat, Vol. 1, No. 1.
Khumairoh, R. 2020. Analisis Hubungan Latar Belakang Pendidikan Dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Man 2 Kota Malang. Malang: UM Press.
Kusmintayu, N., Suwandi, S., & Anindyarini, A. 2012. "Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama", Thesis, Universitas Sebelas Maret.
Madya, S. 2013. Metodologi Pengajaran Bahasa dari Era Prametode sampai Era Pascametode (Pertama). Yogyakarta: UNY Press.
Maheshwari. 2013. Gagne’s Hierarchy of Learning Types. http://www.vkmaheshwari.com/WP/?p=854
Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., & Khansa, S. 2020. "Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab", Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, Vol. 1, No. 1.
Nygmetova., Kudaibergenova., & Konakbayeva. 2022. "The Communicative Method In Teaching Speaking In English", Международный научно-исследовательский журнал, Vol. 116, No. 2.
Pratiwi, S. 2020. "Efektivas Teori Belajar Gagne dengan langkah Polya untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa", Thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2014. Instrumen dan Rubik B1 Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.
Rizqi, M. R. 2021. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Flip Chart Bagi Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah “Fadllillah” Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo", Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2, No. 1.
Safithry, E. A. 2018. Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. Purwokerto: CV IRDH.
Salas, R., Ricardo, A., Rodrigo, & Salas, D. 2006. Analysis and Design of the Web Game on Descriptive Statistics through the ADDIE Model, Data Science and Machine Learning. International Journal of Education in Mathematics, Vol. 8 No. 3.
Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sastrawan, Ketut Bali., & Suardipa, I Putu. 2021. "Pembelajaran Berkualitas Berbasis Nine Instructional Events Teori Belajar Gagne", Journal of Modern African Studies, Vol. 35, No. 17.
Serhat, K. 2021. "Robert Gagné’s Taxonomy of Learning", Educational Technology, https://educationaltechnology.net/robert-gagnes-taxonomy-of-learning/
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Sumasno, H. 2017. "Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi", Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 22, No. 1.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, Ketut. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tuxtamuradovna, T. Y. 2021. "The Role of Communicative Method In Teaching Foreign Languages", International Conference on Teaching Foreign Languages TSUL ICON – FLT.
Yunita, Y., & Pebrian, R. 2020. "Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development", Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Vol. 5, No. 2.
DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v8i2.596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Copyright CC-BY-SA
Arabi : Journal of Arabic Studies, p-ISSN: 2548-6616, e-ISSN: 2548-6624