PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN SUKOHARJO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Rozak., & A.M. Albantani. 2018. “Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom”, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 5, No. 1.
Albantani, A.M., & A. Madkur. 2019. “Teaching Arabic in the era of Industrial Revolution 4.0 in Indonesia: Challenges and opportunities”, ASEAN Journal of Community Engagement, Vol. 3, No. 2.
Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Asubiojo, Raphael Ojo., & James Adedeji Ajayi. 2017. “The Role of Information and Communication Technology in Enhancing Instructional Effectiveness in Teachers’ Education in Nigeria”, KIU Journal of Social Sciences, Vol. 3, No. 2.
Banditvilai, Choosri. 2016. “Enhancing Students' Language Skills through Blended Learning”, Electronic Journal of e-Learning, Vol. 14, No. 3.
Bin Samah, R., F. Puteh-Behak, N. S. Mat Saad, S.M. Ali, R. Darmi, & H. Harun. 2016. “Effective Methods in Learning Arabic Language as a Foreign Language”, Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol. 7, No. 3.
Gerlach, V.G., & D.P. Ely. 1971. Teaching and Media, A Systematic Approach. Englewood Cliffs: Prentice-Hall, Inc.
Haron, Sueraya Che., Ismaiel Hassanien Ahmed, Arifin Mamat, Wan Rusli Wan Ahmad, Fouad Mahmoud M. Rawash. 2016. “Challenges in Learning to Speak Arabic”, Journal of Education and Practice, Vol. 7, No. 24.
Heinich, Robert., dkk. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Isykarima. 2017. “SEKDA Karanganyar Resmikan Pakel sebagai Desa Wisata Bahasa”, dari http://isykarima.com/sekda-karanganyar-resmikan-pakel-sebagai-desa-wisata-bahasa/ diakses pada 20 Januari 2020.
Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need's Press.
Makruf, Imam., dkk. 2010. “Strategi Pengembangan Kompetensi Mengajar PPL Jurusan Tarbiyah STAIN Surakarta (Refleksi Akademis atas Pelaksanaan PPL Mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Surakarta Prodi PBA dan Prodi PAI Tahun Akademik 2009-2010)”, Laporan Penelitian, P3M STAIN Surakarta.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nuraini, Attia. 2009. “Penerapan Model Pembelajaran Blended E-Learning dan Proses Perkuliahan”, Laporan Penelitian, Bandung: UPI.
Ritonga, Mahyudin., dkk. 2016. “Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kota Padang”, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 3, No. 1.
Salim, Muhammad Ahmad. 1987. al-Wasa>’il at-Ta’li>miyyah fi Ta’li>m al-‘Arabiyyah, Lughah Ajnabiyyah. Li ad-Daurah at-Tarbawiyyah al-Mukatstsafah. Jakarta: LIPIA.
Seechaliao, Thapanee. 2017. “Instructional Strategies to Support Creativity and Innovation in Education”, Journal of Education and Learning; Vol. 6, No. 4.
Seels, Barbara B., & Rita C. Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya, Penterj: Dewi S. Prawiradilaga, dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwito. 2009. “Pembelajaran Bahasa Arab dengan On-line Self Access Learning”, Insania, Vol. 14, No. 1.
Wardhani, Evi Rakhmawati. 2010. “Pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri Se- Kota Malang”, dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-arab/article/view/5445 diakses pada 20 Januari 2020.
DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v5i1.93
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Copyright CC-BY-SA
Arabi : Journal of Arabic Studies, p-ISSN: 2548-6616, e-ISSN: 2548-6624